Panduan Media Sosial Intel

Ini adalah panduan resmi untuk media sosial di Intel. Jika Anda adalah kontraktor atau karyawan Intel yang membuat maupun memberikan kontribusi melalui blog, wiki, jaringan sosial, dunia virtual, atau jenis media sosial lainnya, di intel.com dan selain intel.com, maka panduan ini sesuai untuk Anda. Kami berharap agar semua pihak yang berpartisipasi atas nama Intel di media sosial dilatih untuk memahami dan mematuhi panduan ini. Kegagalan dalam melakukannya dapat menghentikan partisipasi Anda di masa mendatang. Panduan ini akan terus berubah seiring berkembangnya kemajuan perangkat teknologi dan jaringan sosial, karena itu periksa kembali sekali waktu untuk memperoleh berita terbaru.

Bila Anda Berinteraksi

Platform yang berkembang untuk kolaborasi online secara mendasar mengubah cara kerja kami, yang menawarkan cara baru untuk berinteraksi dengan pelanggan, rekan, dan dunia secara global. Platform tersebut merupakan cara baru untuk berinteraksi dan kami yakin komputasi sosial dapat membantu Anda menjalin hubungan bisnis yang lebih kuat dan sukses. Selain itu, Anda juga dapat berpartisipasi dalam percakapan global terkait dengan tugas dan hal yang menjadi perhatian kami di Intel.

Jika Anda berpartisipasi dalam media sosial, patuhi prinsip panduan berikut:

  • Fokus pada bidang keahlian Anda dan berikan perspektif unik tentang hal yang terjadi di Intel dan di seluruh dunia.
  • Posting komentar yang sopan dan bermanfaat, yakni tanpa spam dan tidak keluar dari topik atau menyinggung pihak lain.
  • Luangkan waktu untuk mempertimbangkan komentar Anda sebelum mem-posting. Segera balas komentar bila respons diperlukan.
  • Hormati konten dan informasi eksklusif serta kerahasiaannya.
  • Bila Anda tidak setuju dengan pendapat pihak lain, berikan komentar yang sopan dan sesuai.
  • Baca dan patuhi Tata Tertib IntelJenis/Ukuran File: PDF 596KB dan Kebijakan Privasi Intel.

kembali ke atas

Aturan Interaksi

Kejujuran. Kejujuran—atau ketidakjujuran—Anda akan segera diketahui di lingkungan media sosial. Jika menulis blog tentang pekerjaan Anda di Intel, gunakan nama asli, tunjukkan bahwa Anda bekerja untuk Intel, dan jelaskan tugas Anda. Jika tertarik dengan topik diskusi ini, pastikan Anda adalah orang pertama yang membahasnya. Transparansi adalah identitas serta hubungan Anda dengan Intel. Dan Anda masih harus menjaga kerahasiaan informasi dan konten eksklusif.

Kebijaksanaan. Pastikan upaya kejujuran Anda tidak melanggar panduan hukum, kerahasiaan, dan privasi Intel untuk ucapan komersial eksternal. Minta izin untuk mempublikasikan atau melaporkan percakapan pribadi maupun internal ke Intel. Semua pernyataan harus benar dan tidak mengarah ke hal negatif dan semua klaim harus dikonfirmasi dan disetujui. Produk pembanding harus disetujui untuk posting eksternal oleh tim perbandingan produk yang sesuai. Jangan berikan komentar tentang masalah hukum, tuntutan hukum, atau pihak yang terkait masalah hukum dengan kami tanpa persetujuan dari pihak terkait. Jika ingin menulis tentang persaingan, pastikan Anda telah memahami hal tersebut dan memiliki izin dari pihak terkait. Cari cara terbaik untuk melindungi diri, privasi, dan informasi Rahasia Intel. Informasi yang Anda tulis akan dipublikasikan secara global untuk jangka waktu yang lama, karenanya pertimbangkan konten informasi tersebut dengan cermat.

Penguasaan materi. Pastikan Anda menulis dan mem-posting tentang bidang keahlian Anda, terutama yang terkait dengan Intel dan teknologi kami. Jika menulis tentang topik terkait dengan Intel, namun Anda bukan merupakan pakar Intel untuk topik tersebut, beri tahukan hal ini kepada pembaca dengan jelas. Tulis sebagai orang pertama. Jika Anda mempublikasikannya di luar situs Web Intel, gunakan pelepasan tanggung jawab hukum sebagai berikut: "Posting di situs ini adalah posting saya sendiri dan tidak mewakili posisi, strategi, maupun pendapat Intel." Selain itu, hormati merek, merek dagang, hak cipta, penggunaan yang wajar, rahasia dagang (termasuk proses dan metodologi), dan kerahasiaan, serta patuhi undang-undang publikasi keuangan kami. Jika memiliki pertanyaan tentang hal ini, hubungi staf perwakilan legal Intel. Perlu diketahui bahwa Anda bertanggung jawab atas konten Anda sendiri.

Persepsi yang merupakan kenyataan. Di jaringan sosial online, tidak terdapat perbedaan yang jelas antara hal yang bersifat umum dan pribadi serta perorangan dan profesional. Dengan memberitahukan bahwa Anda adalah karyawan Intel, maka persepsi tentang keahlian Anda dan Intel akan dibentuk oleh pemegang saham, pelanggan, serta publik secara umum, sedangkan persepsi tentang Anda akan dibentuk oleh rekan dan manajer. Buat kami bangga. Pastikan semua konten yang terkait dengan Anda konsisten dengan pekerjaan serta nilai dan standar profesional Intel.

Percakapan. Berkomunikasi dengan pembaca seperti Anda berkomunikasi dengan orang lain dalam kondisi profesional. Dengan kata lain, jangan gunakan kata yang bersifat pamer atau "mengada-ada". Jangan takut untuk mengekspresikan diri dan memberikan pendapat Anda. Coba berikan konten yang dapat terus berlanjut dan mengundang respons. Dapatkan komentar dari pembaca. Anda juga dapat memperluas percakapan dengan mengutip konten blog orang lain tentang topik yang sama, sehingga konten Anda dapat dibagi atau digabungkan.

Nilai tambah Anda dapat menggunakan jutaan kata. Cara terbaik agar tulisan Anda dibaca adalah dengan menulis sesuatu yang berarti bagi orang lain. Komunikasi sosial dari Intel akan membantu pelanggan, mitra, dan rekan kerja kami. Tulisan tersebut harus menggugah pikiran dan meningkatkan kepekaan terhadap komunitas. Jika tulisan Anda menambah pengetahuan atau keahlian orang lain, membantu mereka mendirikan perusahaan, menyelesaikan tugas, mengatasi masalah, atau membuat mereka lebih mengenal Intel, berarti Anda telah memberikan nilai tambah.

Tanggung Jawab: Tulisan Anda adalah tanggung jawab Anda sepenuhnya. Partisipasi dalam komputasi sosial atas nama Intel adalah peluang, bukan hak, karenanya gunakan peluang tersebut dengan baik dan benar. Jika ingin berpartisipasi atas nama Intel, ikuti pelatihan IQ Digital, lalu hubungi Pusat Keunggulan Media Sosial. Baca dan patuhi Tata Tertib IntelJenis/Ukuran File: PDF 596KB . Melanggar panduan dan Tata Tertib Intel dapat menghentikan partisipasi Anda. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi social.media@intel.com. Patuhi juga persyaratan dan ketentuan untuk situs pihak ketiga manapun.

Inovasi menarik. Sebagai perusahaan dan warga perusahaan, Intel memberikan kontribusi penting terhadap dunia, perkembangan teknologi, serta dialog publik tentang berbagai masalah. Aktivitas bisnis kami sangat berfokus pada inovasi bernilai tinggi. Bagi pengalaman menarik dengan dunia tentang hal yang kita pelajari dan lakukan serta perluas akses untuk mendapatkan pengetahuan dari orang lain.

Jiwa Kepemimpinan. Terdapat perbedaan jelas antara diskusi bermanfaat dan tindakan provokatif. Jangan cemarkan nama baik pesaing maupun Intel. Jangan berikan respons terhadap setiap hal yang sensitif atau merupakan penghinaan. Buat tulisan Anda sedemikian rupa untuk menarik pendapat yang berbeda tanpa memprovokasi orang lain. Beberapa topik, misalnya politik atau agama, termasuk topik yang sensitif. Karenanya, hati-hati dan pertimbangkan dengan cermat. Setelah dipublikasikan, tulisan Anda tidak dapat ditarik kembali. Jika terjadi diskusi yang bersifat provokatif, maka diskusi tersebut akan sulit dihentikan.

Kesalahan Jika melakukan kesalahan, Anda harus mengakuinya. Beranikan diri dan segera perbaiki kesalahan tersebut. Jika mem-posting ke blog, Anda dapat mengubah posting sebelumnya. Cukup jelaskan bahwa Anda telah melakukannya.

Pertimbangan. Jika Anda akan mempublikasikan sesuatu yang sedikit membuat tidak nyaman, jangan abaikan dan jangan tekan 'kirim'. Luangkan waktu untuk mempelajari panduan ini dan coba cari masalahnya, lalu atasi masalah tersebut. Jika tetap tidak yakin, Anda dapat mendiskusikannya dengan manajer atau staf legal. Pada akhirnya, tulisan Anda merupakan tanggung jawab Anda. Karenanya, yakinkan diri Anda.

kembali ke atas

Kerja Sama & Pengesahan

Intel mendukung transparansi. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa pelaksana media sosial kami (mencakup blog, Twitter, forum, dan media sosial lainnya) secara jelas mengungkapkan hubungan sekaligus pengesahan, dan bahwa pernyataan tentang produk Intel adalah benar dan valid.

Perlu diketahui bahwa setiap pakar media sosial yang dikontrak, dipelopori, atau diberikan kompensasi oleh Intel harus mematuhi Panduan Pelaksana Media Sosial yang Disponsori, Dipelopori, atau Didukung oleh Intel. Sebagai bagian dari pedoman ini, Anda harus menyatakan bahwa Anda telah difasilitasi oleh atau mendapatkan honor dari Intel. Blog Anda akan dipantau atas kepatuhannya terhadap pedoman serta keterangan akurat dalam produk dan klaim kami.

kembali ke atas

Panduan Moderasi

Moderasi adalah tindakan pemeriksaan dan penyetujuan konten sebelum dipublikasikan di situs (Kondisi ini berlaku untuk konten media sosial yang ditulis atas nama Intel, baik situs tersebut ada maupun tidak ada di intel.com). Intel tidak menganjurkan atau bertanggung jawab atas konten yang di-posting oleh pihak ketiga, atau disebut sebagai UGC (konten yang dibuat pengguna). Hal ini mencakup input teks dan file yang di-upload (video, foto, audio, file eksekusi, dokumen).

Meskipun kami sangat menganjurkan partisipasi pengguna, namun kami juga memiliki beberapa pedoman yang harus Anda patuhi agar semua orang tetap aman. Selain itu, Intel telah menerapkan kontrol otomatis untuk memerangi spam dan konten berbahaya. Perhatikan bahwa konten yang dimulai di dalam Intel tidak dimoderasi. Hal ini berarti kami memperkenankan penulis blog kami mem-posting secara langsung tanpa persetujuan, asalkan mereka telah mengikuti pelatihan yang diperlukan.

Moderasi awal. Meskipun situs mengharuskan pengguna mendaftar sebelum mem-posting, entri email dan nama pengguna yang sederhana tidak akan benar-benar memvalidasi seseorang. Jadi, untuk memastikan risiko minimal/keamanan maksimal, kami mengharuskan moderasi semua posting UGC sebelum dipublikasikan (moderasi awal).

Moderasi komunitas. Untuk komunitas yang telah mapan dan aman, moderasi grup oleh pengguna rutin juga akan kami perkenankan. Terkadang kondisi ini diperkenankan untuk dilakukan pada tahap moderasi awal, harus diterapkan dan disetujui.

Dialog online yang berimbang. Baik konten dimoderasi awal maupun komunitas yang dimoderasi, patuhi ketiga prinsip berikut: Baik, Buruk, namun tidak yang Berbahaya. Jika konten bersifat positif maupun negatif dan sesuai dengan percakapan, maka kami akan menyetujui konten tersebut, meskipun konten tidak disukai oleh Intel. Namun, jika konten bersifat berbahaya, menyinggung, mencemarkan nama baik, dan di luar konteks, maka kami akan menolak konten tersebut.

Terakhir diperbarui: Maret 2010